Sukses

Umur Kurang Empat Hari, Ditolak Masuk SD

Seorang bocah tidak bisa masuk SD karena umurnya kurang empat hari dari enam tahun. Sudah enam sekolah di Jakarta menolak menerima sang bocah bernama Alicia Rohmah.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah sekolah dasar di Jakarta mengalami kekurangan siswa. Ironinya, orangtua justru dipersulit saat mendaftarkan anaknya. Persoalannya pun sepele yakni karena usia sang anak kurang empat hari dari syarat umur masuk SD yakni enam tahun.

Bocah yang ditolak masuk sekolah adalah Alicia Rohmah. SD Negeri 11 Manggarai, Jakarta Selatan, menolak keinginan Alicia bersekolah ketika orangtuanya, Bisriani, menemui Kepala Sekolah Nelvia Irianti. Pasalnya usia Alicia kurang empat hari dari enam tahun.

Hanya karena usia kurang empat hari, pihak sekolah menolak tampaknya terlalu berlebihan. Apalagi Nelvia mengakui sekolah milik pemerintah ini justru kekurangan siswa. Ternyata bukan SDN 11 Mangarai saja yang menolak. Enam SD yang didatangi Bisriani semuanya menolak.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulianto justru bukan mempermudah tapi menambah rumit masalah Alicia. Karena usia Alicia kurang empat hari, kata Taufik Yudi, maka perlu ada rekomendasi dari psikolog jika ingin masuk sekolah dasar.

Mungkin Taufik Yudi Mulianto belum tahu apabila berkonsultasi dengan psikolog harus mengeluarkan biaya lagi. Begitu rumitnya urusan yang harus dilewati Alicia agar bisa duduk di bangku sekolah. Mengapa pemerintah tak mempermudah orangtua agar anaknya bisa sekolah?(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.