Sukses

Awas, Muntaber Mewabah di Tegal

Hingga pekan pertama Januari 2010, penderita muntaber yang dirawat di sebuah rumah sakit di Tegal, Jateng, mencapai 30 orang. Sementara penderita yang tersebar di sejumlah rumah sakit dan puskesmas mencapai ratusan orang.

Liputan6.com, Tegal: Warga Tegal, Jawa Tengah, harus meningkatkan kebersihan lingkungannya. Jika tidak, jumlah penderita muntaber di kota ini akan terus bertambah. Dalam sebulan, jumlah pasien muntaber yang tersebar di rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas mencapai ratusan orang.

Hingga pekan pertama Januari 2010, tercatat sebanyak 30 pasien masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda, Tegal. Mereka rata-rata dirawat dua hingga empat hari.

Muntaber adalah bagian dari diare. Penyakit ini mudah berjangkit di lingkungan kotor. Bakteri E.coli atau Escherichia coli adalah penyebab utama menularnya muntaber. Mengapa kerap diidentikkan dengan musim penghujan? Sebab, saat pergantian musim kemarau ke penghujan, sarana air bersih berkurang atau minim.(OMI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.