Sukses

Massa Mulai Padati Gedung DPR

Gedung DPR di Senayan Jakarta, hingga pukul 10.15 WIB, Selasa (1/12) mulai dipadati pendemo. Mereka bukan saja berdemo menuntut skandal Bank Century diusut, tapi juga mengawal hak angket, yang dibahas di Sidang Paripurna DPR.

Liputan6.com, Jakarta: Massa yang hendak berdemonstrasi di depan Gedung DPR, Selasa (1/12), sudah mulai berdatangan. Hingga pukul 10.15 WIB, diperkirakan sudah 600-an orang yang berkumpul dan berorasi di depan pagar gedung Wakil Rakyat itu. Pendemo yang sudah datang di antaranya mengaku dari kelompok massa yang menamakan diri Jaringan Pemuda Tani, Pemuda Penggerak Rakyat, dan Gerakan Revolusi 45.

Aksi para pendemo ini dilengkapi sejumlah poster dan spanduk. Sebagian spanduk bahkan ditempeli di pagar depan Gedung DPR.  Beberapa di antaranya bertuliskan tuntutan agar skandal Bank Century, yang telah menyedot dana talangan hingga Rp 6,7 triliun lebih itu, segera diusut.

Beberapa spanduk bahkan bertuliskan tuduhan terhadap beberapa pejabat yang menggelontorkan dana ke bank yang kini sudah berganti nama menjadi Bank Mutiara itu sebagai perompak. Selain itu mereka juga berorasi dengan agenda yang sama, tuntaskan kasus Bank Century.

Akibat aksi ini, arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto, terutama dari arah Semanggi menuju Senayan, macet. Massa yang menumpuk di depan pagar Gedung DPR, sehingga arus lalu lintas menuju Slipi dan Grogol, Jakarta Barat, terganggu. Namun dari jalur sebaliknya, arus lalu lintas relatif lancar. Puluhan polisi juga mulai berjaga-jaga, baik di depan pagar gedung maupun dalam gedung.

Hingga siang, massa yang akan berdemo ke Gedung DPR diperkirakan akan terus bertambah. Aksi demo ini memang sudah diagendakan sejak lama. Mereka tidak hanya menuntut pengusutan skandal Bank Century, tapi juga mengawal hak angket yang sedang dibahas dalam Rapat Paripurna DPR hari ini.(ETA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini