Sukses

Tolak Tambang Pasir Besi, Demo Berujung Bentrok

Kericuhan tak terhindarkan menyusul warga yang berdemo menolak penambangan pasir besi terus memaksa masuk ke Kantor Bupati Kulonprogo, Yogyakarta.

Liputan6.com, Kulonprogo: Unjuk rasa ribuan warga yang menolak proyek tambang pasir besi di depan Kantor Bupati Kulonprogo, Yogyakarta, baru-baru ini, berakhir bentrok dengan polisi. Kericuhan tak terhindarkan menyusul warga yang terus memaksa masuk ke kantor bupati.

Dengan menggunakan pentungan, polisi berusaha membubarkan massa. Namun situasi sempat tak terkendali hingga polisi menembakkan gas air mata. Seorang pengunjuk rasa pun mengalami luka di bagian kepala terkena lemparan batu. Untunglah, situasi akhirnya bisa dikuasai polisi dan massa membubarkan diri.

Unjuk rasa ribuan warga petani pesisir pantai selatan Kulonprogo ini menolak proyek pasir besi ini adalah yang kesekian kalinya [baca: Petani Kembali Tolak Tambang Pasir Besi]. Selain lahan pertanian pantai dan tempat tinggal mereka terancam tergusur, warga menolak karena khawatir tambang akan merusak ekosistem pantai.(ZAQ/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.