Sukses

Hari Ini Parpol Peserta Pemilu Diumumkan

KPU akan mengumumkan secara resmi partai politik peserta Pemilu 2004, hari ini. Enam parpol yang lolos electoral threshold pada pemilu 1999 dipastikan menjadi peserta pemilu.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum secara resmi akan mengumumkan partai peserta Pemilu 2004 pada Selasa (2/12). Pengumuman akan disampaikan bertahap. Sementara nomor urut parpol peserta pemilu baru akan diumumkan 8 Desember mendatang. Demikian informasi yang didapat SCTV dari Kantor KPU Pusat, Jakarta, Senin kemarin.

Meski belum diumumkan, namun sudah bisa dipastikan nama-nama parpol yang lolos Pemilu 2004. Sebut saja, enam parpol yang lolos electoral threshold pada Pemilu 1999. Alasannya, keenam parpol ini sudah pasti mempunyai kepengurusan dan keanggotaan di 22-28 provinsi [baca: Verifikasi Faktual Parpol Belum Menyeluruh].

KPU juga telah mengumumkan hasil verifikasi administrasi. Dari 40 parpol yang lolos verifikasi administrasi, 39 parpol yang mendaftarkan diri untuk mengikuti verifikasi faktual dan 31 di antaranya dinyatakan lolos. Sedangkan delapan parpol lain dianggap tidak memenuhi syarat menjadi peserta pemilu. Satu di antaranya Partai Indonesia Tanah Air (PITA) pimpinan Dimyati Hartono..

Sementara itu untuk daerah Jawa Timur, dari 24 parpol yang diverifikasi, baru 12 partai yang dinyatakan lolos. Sedangkan sisanya masih dalam proses verifikasi. Selain DKI dan Jatim, KPU Kalimantan Tengah juga sudah mengumumkan hasil verifikasi faktual. Hasilnya enam parpol baru dinyatakan tak lolos, di antaranya Partai Perhimpunan Indonesia Baru pimpinan Doktor Sjahrir.(ICH/Syaiful Halim dan Agus Ginanjar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini