Sukses

Kuota Haji ONH Plus Tak Ditambah

Pemerintah Arab Saudi menolak penambahan kuota calon haji ONH Plus. Ribuan calon haji ONH Plus batal berangkat akhir Desember mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 2.085 calon haji jenis Ongkos Naik Haji (ONH) Plus dipastikan batal berangkat ke Arab Saudi, akhir Desember nanti. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi menolak permintaan penambahan kuota haji ONH Plus. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Islam dan Perjalanan Haji Departemen Agama Taufiq Kamil di Jakarta, baru-baru ini.

Berita ini jelas mengecewakan 170 biro perjalanan tempat para calon haji ONH Plus mendaftar. Sebab selama ini, mereka gigih mendesak pemerintah meminta tambahan kuota haji ONH Plus [baca: Pemerintah Diharapkan Menambah Kuota ONH Plus]. Di masa datang, Ketua Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Umroh dan Haji Mahfudz Djaelani meminta agar biro-biro perjalanan haji tak gegabah menerima calon haji ONH Plus dalam jumlah besar.

Hampir dipastikan, jemaah ONH Plus yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini cuma berjumlah 12 ribu orang. Sedangkan jemaah calon haji biasa sebanyak 223 ribu orang. Mereka akan mulai bertolak menuju Arab Saudi pada akhir Desember mendatang.(MTA/Syaiful Halim dan Agus Ginandjar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini