Sukses

Idul Fitri Besok

Berdasarkan pemantauan rukyat yang dilakukan 343 kantor peradilan agama dan mahkamah syariah, hilal berada di atas ufuk empat hingga enam derajat. Dengan demikian, 1 Syawal jatuh pada Selasa, 25 November 2003.

Liputan6.com, Jakarta: Sidang Badan Hisab dan Rukyat yang digelar di Departemen Agama, Jakarta, Senin (24/11) petang, memutuskan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1424 Hijriah jatuh besok atau Selasa, 25 November 2003. Sidang yang dipimpin Menteri Agama Said Agil Hussin Al-Munawar ini diikuti pimpinan dan anggota Komisi VI DPR, para duta besar negara-negara sahabat, sejumlah organisasi massa Islam, termasuk MUI, serta para ulama.

Keputusan ini diambil merujuk 25 kitab ilmu falak. Dalam sidang, disimpulkan bahwa ijtimak atau hilangnya bulan dari pandangan mata jatuh pada Senin ini pukul 05.59 WIB. Berdasarkan pemantauan rukyat yang dilakukan 343 kantor peradilan agama dan mahkamah syariah, hilal berada di atas ufuk empat hingga enam derajat. Dengan demikian, 1 Syawal jatuh pada Selasa, 25 November 2003.

Penetapan Hari Raya Idul Fitri kali ini diterima seluruh ormas Islam. Ini pula yang membuat Menteri Agama bersyukur karena tak ada perbedaan di antara ormas Islam dalam menentukan Lebaran. Menag mengajak seluruh umat Islam menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan bertakbir, bertahmid, dan merayakannya dengan penuh khidmat.(SID/Syaiful Halim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.