Sukses

Pengemis Musiman Terus Membanjiri Jakarta

Jumlah pengemis yang membanjiri Ibu Kota diperkirakan sudah mencapai 5.000 orang. Mereka umumnya berasal dari luar kota dan jumlahnya akan bertambah mendekati Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta: Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap Ramadan dan menjelang Lebaran Jakarta selalu dibanjiri pengemis musiman. Mereka memenuhi sejumlah perempatan jalan di Ibu Kota.

Seperti pemantauan SCTV, Ahad (9/11), persimpangan Duren Sawit, Jakarta Timur, juga tak luput dari aksi para pengemis ini. Sekitar 30 pengemis menempati empat ruas jalan sekadar untuk mendapatkan sedekah ala kadarnya dari pengguna jalan.

Para pengemis mayoritas asal luar kota. Sriyati, misalnya, mengaku dari Tegal, Jawa Tengah. Ia ke Jakarta bersama puluhan tetangganya dan sudah sepekan mangkal di perempatan Duren Sawit.

Menurut perkiraan Dinas Pembinaan Mental dan Kesejahteraan Sosial Jakarta, sedikitnya 5.000 pengemis telah memasuki Ibu Kota. Jumlah mereka akan terus bertambah hingga Lebaran tiba. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah membentuk sebuah tim untuk mengendalikan para pengemis tersebut. Namun, hingga kini usaha tersebut belum juga berhasil dan yang ada Jakarta malah tambah semrawut.(YYT/Syaiful Halim dan Agus Ginanjar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini