Sukses

Pentas &quotAnglurah Gusti Panji Sakti" di Jakarta

Sendratari "Anglurah Gusti Panji Sakti" yang menjadi ciri khas budaya Buleleng, Bali, dipentaskan di Jakarta. Untuk kepentingan pariwisata, tarian sakral ini sering dipentaskan.

Liputan6.com, Semarang: Kabupaten Buleleng, Bali, tidak hanya dikenal lewat keindahan alamnya tetapi juga karena kekhasan budayanya, seperti sendratari "Anglurah Gusti Panji Sakti". Sendratari ini kaya dengan keunikan mulai dari busana, musik gamelan, drama, hingga cerita dan lakonnya yang berdasarkan legenda rakyat. Nama sendratari ini diambil dari nama raja yang berkuasa di sebelah utara Pulau Bali atau Den Bukit pada Abad ke-16. Raja ini terkenal sakti dan suka memerangi kerajaan lain di Bali.

Dalam sebuah pertunjukan di Jakarta, baru-baru ini, fragmen lima babak ini dipentaskan. Di daerah asalnya, sendratari ini kerap menjadi bagian ritual adat. Namun, dengan keberadaan Pulau Dewata yang menjadi target pariwisata, pentas-pentas Anglurah Gusti Panji Sakti menjadi salah satu menu hiburan bagi para turis.(YYT/Syaiful Halim dan Satya Pandia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini