Sukses

Kuota Haji 2003 Bertambah

Kenaikan kuota jemaah haji tahun ini sebesar 17 persen atau 30 ribu orang. Kenaikan tersebut menjadikan total jemaah asal Indonesia menjadi 235 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji Indonesia sebanyak 30 ribu jemaah. Dengan begitu, jumlah jemaah haji Indonesia tahun ini akan menjadi 235 ribu jemaah atau meningkat sekitar 17 persen. Ini diungkapkan Menteri Agama Said Agil Hussein al Munawar dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Jumat (19/9).

Menurut Menag, penambahan jumlah kuota jemaah haji itu dipastikan setelah pihaknya menandatangani nota kesepakatan dengan Menag Arab Saudi 17 September silam. Dengan penambahan tersebut, pemerintah akan mengalokasikan kuota untuk jemaah haji biasa sebanyak 223 ribu orang dan jemaah haji khusus 12 ribu jiwa.

Dalam kesempatan ini, Said Agil juga menjanjikan peningkatan kualitas pelayanan terhadap jemaah haji tahun ini saat berada di sana. Misalnya, menyangkut akomodasi jemaah, perbaikan jasa transportasi, dan penempatan perkemahan di Padang Arafah. Sejatinya, pelayanan penyelenggaraan haji tahun ini akan lebih baik ketimbang musim kemarin.

Janji serupa juga sempat diungkapkan Menag dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, awal September. Dalam rapat tersebut, pemerintah akan memfokuskan pada transportasi dan penginapan di Arab Saudi. Soal transportasi, pemerintah sudah menunjuk dua perusahaan penerbangan yang akan melayani transportasi jemaah haji, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Ini untuk mengantisipasi kejadian musim haji tahun kemarin, banyak calon haji telantar dan tak terangkut karena buruknya manajemen transportasi [baca: Pemerintah Menjamin Ketersediaan Transportasi Haji].(ORS/Syaiful Halim dan Muhammad Guntur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini