Sukses

Jakarta Disesaki Atribut Parpol

Sejumlah parpol sudah memulai kampanye dengan memasang atribut partai di sejumlah lokasi umum, tanpa menunjukkan asal partai. Keadaan ini membuat pemandangan di Jakarta tak sedap dipandang mata.

Liputan6.com, Jakarta: Masa kampanye Pemilihan Umum 2004 memang masih lama, namun demikian meski tersamar, "perang" di antara partai politik sudah dimulai. Satu di antaranya dengan memasang atribut partai seperti bendera di sejumlah titik di Jakarta. Di pinggir ruas jalan tol di depan Gedung DPR/MPR, misalnya. Di lokasi itu, puluhan bendera, mulai dari parpol yang baru lolos verifikasi sampai pemenang pemilu sebelumnya, terlihat berjajar di pagar jalan tol. Demikian hasil pemantauan SCTV, baru-baru ini.

Pemasangan atribut parpol juga tampak di sejumlah ruas jalan lainnya. Misalnya di Jalan Karet Pasar Baru Barat, Jakarta Pusat. Di tempat itu, sejumlah bendera milik dua parpol yang baru lolos verifikasi terlihat di jembatan penyeberangan hingga pagar pemisah. Sayangnya bila dilihat sekilas, atribut-atribut tadi tak menunjukkan apapun. Sebab tak jelas pesan dan asal partai tersebut.

Pemasangan bendera partai pun marak di kawasan Tanahabang, Jakpus. Wilayah yang terkenal sebagai basis Partai Persatuan Pembangunan itu juga dipenuhi puluhan bendera parpol lainnya. Contohnya di Jembatan Jalan Jatibaru. Di lokasi itu, puluhan atribut terpampang dengan semrawut di satu titik.

Menurut warga setempat, atribut dipasang oleh simpatisan masing-masing partai. Kondisi ini terjadi karena kerja petugas ketentraman dan ketertiban pemerintah daerah setempat lelet untuk menertibkannya. Buntutnya para pengurus dan simpatisan parpol bebas memasang atribut di sembarang tempat.

Selain menampilkan kesan berantakan dan kumuh, pemandangan ini pun terlihat janggal. Sebab tahapan kampanye masa lama. Dan ironisnya, belum tentu partai yang memasang atribut lolos menjadi peserta Pemilu 2004.(ICH/Syaiful Halim dan Erwin Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini