Sukses

Mensos: Bantuan untuk Pengungsi Aceh Ditambah

Departemen Sosial kembali mengucurkan dana senilai Rp 6 miliar untuk membantu kebutuhan makanan para pengungsi. Bantuan itu akan dikirim lewat Satkorlak NAD dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta: Pengungsi korban peperangan di Aceh terus bertambah. Hingga Kamis (19/6), jumlah pengungsi di 16 titik lokasi penampungan mencapai 38 ribu jiwa. Angka itu sudah berkurang 2.000 orang yang memilih pulang ke kampungnya. Departemen Sosial mengaku siap mengantisipasi lonjakan pengungsi yang bakal terus mengalir, seperti melipatgandakan kebutuhan anggaran di setiap lokasi penampungan.

Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah menerangkan, pemerintah akan mencairkan dana senilai Rp 6 miliar untuk membantu keperluan lauk pauk para pengungsi. Bantuan ini dikirim lewat Satuan Koordinasi Pelaksanaan Naggroe Aceh Darussalam. Pemerintah memang menyediakan dana sampai Rp 400 miliar khusus untuk bantuan kemanusiaan dan rehabilitasi sosial di Tanah Rencong [baca: Dana Kemanusiaan untuk Aceh Rp 380 Miliar]. Angka ini diyakini akan bertambah terus selama Darurat Militer digelar. Soalnya, selain memasok pangan, dana bantuan akan dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan.(KEN/Syaiful Halim dan Yudi Wibowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.