Sukses

Geliat Musik Orkestra

Orkestra mulai diminati kalangan pecinta musik di Jakarta. Lirik-lirik Aria sebagai bagian dari musik orkestra paling dinikmati pecinta musik asal Italia ini.

Liputan6.com, Jakarta: Pergelaran orkestra yang menampilkan Aria-aria karya komponis dunia yang tergolong musik berat, diam-diam mulai dilirik pecinta musik di Indonesia. Buktinya, tempat-tempat pergelaran musik untuk opera itu, selalu dipadati penonton. Begitu pula dalam pertunjukan orkestra di sebuah perguruan tinggi di pinggiran Jakarta, baru-baru ini.

Bagi para pecinta musik aliran ini, Aria adalah sesuatu yang paling dinikmati. Sebab, Aria adalah penggalan lirik dari squence atau sebagian adegan dalam opera yang juga nyawa dari musik opera. Sebuah nomor Aria ditampilkan dalam bentuk nyanyian yang disajikan sebagaimana layaknya musik serius. Dalam cuplikan &qotIl Trovatore karya Giuseppe Verdi menjadi bukti keunikan sebuah Aria. Memang, boleh dibilang hanya kalangan tertentu yang bisa menikmati dan memahami jenis musik ini. Terlebih lagi, lirik-lirik Aria dihantarkan dalam bahasa Italia, moyangnya aliran musik ini.

Kini, penggalan lirik-lirik pertunjukkan opera itu mulai dilirik pecinta musik di Ibu Kota. Tak heran apabila sebuah hotel berbintang di bilangan Jakarta Selatan, membuat program khusus pertunjukan orkestra. Mereka menggelar sepuluh kali dalam setahun. Pergelaran yang diusung awak Orkestra Bel Canto itu senantiasa mendapat perhatian penuh penggemar.

Ada sisi positif lain yang dipetik pelaku seni musik ini, atas bangkitnya minat pecinta musik terhadap Aria-aria karya komponis dunia. Misalnya, bermunculan bibit-bibit penyanyi atau kelompok musik potensial dalam tempo beberapa bulan ini. Lea Simanjuntak, misalnya.(DEN/Syaiful Halim dan Dwi Guntoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini