Sukses

GP Ansor Tetap Mempertahankan Syaifullah Yusuf

Syaifullah Yusuf yang kini menjabat Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa kubu Alwi Shihab tetap dipertahankan sebagai ketua umum GP Ansor.

Liputan6.com, Jakarta: Konferensi Besar ke-14 Gerakan Pemuda Ansor yang Ahad (21/4) malam ditutup Wakil Presiden Hamzah Haz merekomendasikan sembilan sikap organisasi. Selain menyikapi situasi ekonomi, politik, sosial, dan keamanan dalam negeri, konferensi yang sekaligus hari lahir ke-68 GP Ansor ini juga mengamanatkan Syaifullah Yusuf tetap sebagai ketua umum hingga kongres 2003. Untuk menjalankan tugasnya sehari-hari, Syaifullah yang kini aktif sebagai Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa pimpinan Alwi Shihab akan menunjuk ketua pelaksana harian.

Keputusan itu jelas bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang menjadi acuan GP Ansor. Sebab, AD/ART PBNU melarang rangkap jabatan. Sebelumnya, Syaifullah sempat bersedia meninggalkan PKB. Bahkan, hal itu sempat disetujui Ketua Dewan Syuro DPP PKB Abdurrahman Wahid [baca: PBNU Diminta Mengatur Rangkap Jabatan]

Sementara itu, Wapres dalam sambutannya meminta oraganisasi organisasi kepemudaan di bawah NU ini tak hanya terfokus pada kegiatan politik praktis atau menyikapi berbagai kebijakan pemerintah. Namun, Wapres berharap, pengurus GP Ansor turut membantu menyelenggarakan kegiatan pendidikan berkualitas, termasuk membangun basis ekonomi bagi kelompok usaha kecil dan menengah.(AWD/Syaiful Halim dan Anto Susanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini