Sukses

Sungai "Pintu Langit" di Daerah Chongqing

Selain sebagai sentra industri sepeda motor, Kota Chongqing, Cina, juga memiliki obyek wisata. Di antaranya Sungai Chao Tian Ma atau pintu langit yang memiliki daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Cina: Selain sebagai sentra industri sepeda motor, Daerah Istimewa Chongqing, Republik Rakyat Cina, juga dikenal memiliki obyek wisata unik. Di antaranya Sungai Chao Tian Ma yang berarti: Pintu Langit. Sesuai dengan namanya, sungai tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri.

Sungai Chao Tian Ma, adalah pertemuan dua sungai besar di Chongqing, yakni Sungai Chang dan Sungai Cialing. Arus dari apitan dua sungai itu mengalir ke sungai yang lebih besar, yakni Sungai Yang Ze dan terus bermuara ke Pelabuhan Shanghai. Keunikannya, arus apitan sungai itu juga membentuk daratan atau delta di permukaan air yang sisinya menyerupai sebuah kapal. Bila dipandang dari jauh, terutama dari hotel dan gedung-gedung yang kini banyak mengitari kawasan itu, maka delta tersebut seolah memiliki cerobong atau ruang kemudi dari monumen kapal ini.

Bagi warga Chongcing sendiri, chao Tian Ma ini bukan sekedar obyek wisata yang menawan, melainkan juga dermaga serta pelabuhan yang produktif. Pasalnya, selain mengantar wisatawan menikmati keindahan Sungai Yang Ze dengan Ngarai Sanxia-nya, dermaga itu menjadi tempat pengiriman produk industri dari Kota Chongcing ke negara-negara lain. Termasuk juga motor-motor Cina yang kini tengah meramaikan pangsa pasar sepeda motor di beberapa negara.(ORS/Syaiful Halim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.