Sukses

Warga Kecewa Sosialisasi Bandara

Ratusan warga Desa Glagah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengamuk dengan membakar ban bekas di jalur jalan lintas selatan Jawa.

Indosiar.com, Kulon Progo (Rabu : 24/09/2014) Ratusan warga Desa Glagah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengamuk dengan membakar ban bekas di jalur jalan lintas selatan pulau Jawa sepanjang 4 kilometer. Selain itu, warga juga memblokade jalan selama delapan jam hingga kendaraan yang melintas terpaksa memutar mencari jalan alternatif. Warga mengaku kecewa karena peserta sosialisasi pembangunan bandara di Kulon Progo dibatasi.

Masyarakat dari lima desa yang tergabung dalam Wahana Tri Tunggal ini memblokir jalur lalu lintas selatan pulau jawa di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan menggunakan batu hingga bekas bahan bangunan, massa berusaha menghentikan laju polisi untuk memadamkan api yang dibuat warga. Bahkan sekitar dua puluh orang memilih tidur di jalan agar water cannon milik aparat tidak bisa melintas.

Meski petugas menyemprotkan air beberapa kali ke arah kerumunan, namun massa tetap bertahan. Petugas memilih untuk mundur dan menjaga jarak agar tak menyulut emosi warga. Aksi ini dilakukanan warga karena kecewa dengan sikap polisi dan Angkasa Pura I yang membatasi jumlah orang untuk mendatangi lokasi sosialisasi pembangunan bandara.

Proses sosialisasi pembangunan bandara di Balai Desa Glagah sendiri berjalan lancar. Dari delapan ratus undangan, separuh lebih orang hadir, selain mereka yang terhambat menuju balai Desa Glagah hingga masyarakat yang memang kontra pembangunan bandara. (Ristianto Nugroho/Sup)