Sukses

Demo BBM, Ribuan Buruh Gelar Unjukrasa

Aksi unjuk rasa menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, Senin siang kemarin, disuarakan ratusan buruh ....

Indosiar.com, Jakarta (Selasa : 11/11/2014) Aksi unjuk rasa menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, Senin siang kemarin, disuarakan ratusan buruh dari berbagai elemen, di depan Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat. Dalam orasinya, buruh menilai kenaikan BBM hanya akan menyengsarakan rakyat kecil.

Dengan longmarch dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka, para buruh dari berbagai elemen berunjuk rasa, mendesak pemerintahan Kabinet Kerja yang di pimpin Presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla, membatalkan kenaikan bahan bakar minyak. Aksi jalan kaki sekitar lima ratus buruh dari berbagai elemen ini, membuat arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin tersendat.

Aksi unjuk rasa dilanjutkan dengan beragam orasi di depan Istana Merdeka. Salah satunya tentang kenaikan harga BBM yang dinilai akan semakin menyengsarakan rakyat, terlebih dengan kaum kecil seperti buruh, petani, pekerja kasar dan nelayan. Untuk memenuhi standar hidup layak seperti sekarang, sudah seharusnya pemerintah mengurungkan niat menaikan harga BBM bersubsidi.

Dalam tuntutannya, para buruh juga mendesak pemerintah segera menaikkan upah layak nasional menjadi 5 juta rupiah perbulan. Mereka khawatir jika harga BBM benar-benar dinaikkan, maka harga kebutuhan pokok di pasaran akan melonjak tajam. Buruh mengancam akan kembali turun ke jalan jika pemerintah Jokowi-JK tetap menaikkan harga BBM bersubsidi. (Donvito Samartha/Sup)