Sukses

Ahok Bertemu Mitra DKI Jakarta

Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama mengadakan pertemuan dengan sejumlah walikota-bupati seJabodetabek yang disebut sebagai mitra DKI.

Indosiar.com, Jakarta (Kamis : 18/09/2014) Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama mengadakan pertemuan dengan sejumlah walikota-bupati seJabodetabek yang disebut sebagai mitra DKI Jakarta. Hasilnya, pemerintah DKI Jakarta akan menggelontorkan bantuan dana bagi kota mitra sebesar 100 milyar rupiah setiap tahunnya. Dana itu nantinya digunakan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur yang terkoneksi dengan kota Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama mengadakan pertemuan tertutup dengan para walikota, bupati seJabodetabek, di Wisma Nusantara Jakarta, Rabu malam. Pertemuan dihadiri sejumlah walikota dan bupati, diantaranya Walikota Tangerang Selatan, Bupati Kabupaten Bogor, Bekasi dan Depok.

Pertemuan menghasilkan sejumlah kesepakatan. Diantaranya, kota-kota sekitar Jakarta tidak lagi disebut sebagai kota penyangga melainkan sebagai kota mitra bagi DKI Jakarta. Selain itu, disepakati pula, pemerintah DKI Jakarta tiap tahun akan mengucurkan dana minimal 100 milyar rupiah bagi kota-kota mitra ini. Dana besar itu digunakan membangun dan memperbaiki infratrutur yang terkoneksi dengan Jakarta, seperti pembangunan jalan, perbaikan aliran sungai dan lain sebagainya.

Kesepakatan ini disambut baik para walikota. Rencananya, kucuran bantuan ini mulai direalisasikan pada tahun 2015 mendatang. Pada pertemuan ini juga disepakati pembangunan rumah PNS seluas 100 hektar di daerah yang memiliki jalur Kereta Api. Langkah ini sebagai bagian dari upaya mengatasi kemacetan Jakarta. (Nurul Cinta/Surnata/Sup)