Sukses

Solusi Pindah, Tren Setter Jasa Pindahan di Ibukota

Pindahan kini jadi lebih mudah dengan menggunakan jasa "Solusi Pindah"

Liputan6.com,Jakarta - Geliat sektor properti yang seolah tak ada matinya mendorong bisnis penunjang seperti jasa pindahan tumbuh subur di Indonesia. Layanan tersebut menjadi jawaban dari perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini yang tak mau repot mengurus kepindahan untuk keperluan residensial maupun komersial.

Salah satu pemain anyar di bisnis ini adalah Solusi Pindah. Baru berdiri pada 23 Maret 2014, layanan jasa pindahan tersebut sedang fokus membangun brand image dan mencari pangsa pasar.

Didirikan tiga serangkai sahabat, Solusi Pindah hadir dengan tujuan untuk memberikan solusi dan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan pindahan kantor, gudang, pabrik, rumah, apartemen sampai kos-kosan.

"Dunia properti di Jakarta berkembang sangat pesat, makanya kami ingin mengakomodir itu. Solusi yang diberikan akan memudahkan orang untuk pindahan dengan cepat, tanpa ribet dan harga terjangkau," ungkap General Manager Solusi Pindah, M Ruchyat Magribi kepada Liputan6.com, Jakarta.

Sesuai tagline "Pindahan Simpel, Budget Gak Tebel", Solusi Pindah menawarkan jasa pindahan mulai dari pengepakan barang, pemindahan sampai kepada penataan kembali barang di lokasi tujuan.

Tawarkan Lima Paket Jasa

Sebagai pendatang baru, kata Magribi begitu dia kerap disapa, Solusi Pindah membuat satu terobosan baru untuk bisa bersaing dengan perusahaan jasa pindahan lain yang lebih dulu terjun ke bisnis ini.

"Kami bikin harga paket yang nggak ada di jasa pindahan lain karena kompetitor biasanya menghitung harga berdasarkan per kubik. Paket-paket layanan ini bisa dipilih konsumen sesuai kebutuhannya. Bahkan kami tak segan-segan ke lokasi, menjadi konsultan bagi konsumen yang bingung memilih paket," jelas Pria kelahiran Medan, 24 Desember 1976 itu.

Lima paket layanan dari Solusi Pindah, antara lain, Paket Royal, Paket Harmonis, Paket Mandiri, Paket Mini dan Paket Storage. Seluruhnya dikerjakan dengan tenaga kerja berpengalaman dan peralatan lengkap.   

Paling komplit, sambung dia, pihaknya menyediakan Paket Royal dengan layanan meliputi packing, loading, trucking, unloading, unpacking serta penataan kembali barang konsumen.

"Di paket ini ada dua pilihan yang ditawarkan, yakni pilihan truk CDE 4 ban berkapasitas maksimal 10 kubik, dan truk 6 ban CDD kapasitas 14 kubik. Masing-masing pilihan dipaket ini dihargai Rp 2,25 juta dan Rp 2,75 juta," ujar Magribi.

Sedangkan paket termurah yakni paket mini. Menawarkan jasa pindahan sampai dengan 4 kubik dan armada pick up 4 ban. Layanannya berupa packing, loading, moving, unloading, unpacking hingga penataan kembali.

"Harga paket ini sekitar Rp 1 juta. Sangat murah, sehingga tak menguras kantong. Tapi harga ini hanya berlaku untuk area Jakarta, sedangkan pindahan ke luar kota dikenakan ongkos tambahan," sebutnya.

Kebanjiran Order, termasuk dari artis

Meski masih seumur jagung, Solusi Pindah sudah langsung kebanjiran order. Berkat media pemasaran lewat website dan gencar menyebar flyer, banner, dan sebagainya, Magribi mengaku, permintaan pindahan datang bertubi-tubi untuk residensial serta komersial.

"Animonya sangat luar biasa, job sampai penuh, cuma beberapa hari saja yang kosong. Tapi dalam sehari kita batasi maksimal tiga order, kalau kebanyakan takut kurang malsimal," ujar Sarjana Teknik Informatika Jebolan Sekolah Tinggi Teknik Harapan, Medan ini.

Penggemar olahraga dan travelling ini menyebut, pernah mengerjakan permintaan pindahan sekolah yang melibatkan 20 truk. Konsumen saat itu menggunakan kombinasi paket layanan. Proses pindahannya pun memakan waktu sepekan.

Kata Magribi, orderan pindahan paling banyak datang untuk keperluan rumah, apartemen dan kantor. Semua ini digarap oleh 10 orang pekerja tetap, dan dibantu buruh harian. "Kami juga pernah melayani pindahan rumah dari artis Ruben Onsu. Bersyukur dia puas dengan kerja kami," bangganya.

Dengan kerja keras di titik awal ini, Solusi Pindah telah membukukan omzet sekitar Rp 100 juta dalam dua bulan. "Lumayan, karena modal awal membuka bisnis ini Rp 500 juta dan dialokasikan untuk armada, sewa kantor, peralatan, gaji karyawan," tutur dia.

Target Omzet

Seperti perusahaan lain yang mendambakan ekspansi, Solusi Pindah pun mempunyai harapan yang sama. Dalam jangka panjang, pihaknya berambisi untuk membuka cabang di seluruh wilayah Indonesia. Kantor ini akan membantu memudahkan permintaan pindahan ke luar daerah.

"Tapi dalam waku dekat, inginnya buka di Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor dulu. Nanti kan bisa merambah ke daerah lain, karena kami pernah mendapatkan orderan pindahan dari Bogor ke Aceh," lanjut Magribi.

Sementara target tahun ini, Pria yang pernah menjadi staf di Vitara Anugerah Mandiri itu mengatakan, bakal menambah armada truk dan pick up menjadi 10 unit dari saat ini 4 unit.

"Dengan begitu, permintaan pindahan akan semakin banyak bisa kami garap sehingga dapat merealisasikan target omzet sampai akhir 2014 sebesar Rp 1 miliar," cetusnya.

Ambisi tersebut, menurut dia tak mustahil dicapai mengingat prospek bisnis jasa pindahan yang masih terbuka lebar. Sebab pemilik motto "Selalu Ikhlas Dalam Melakukan Pekerjaan" ini mengaku tak menemui hambatan atau kendala berarti di bisnis jasa pindahan.   

"Ke depan jasa ini sangat dibutuhkan orang, misalnya pasangan muda yang baru menikah tadinya tinggal sama orang tua lalu pindah ke rumah sendiri, pasti membutuhkan jasa pindahan biar nggak ribet," terang dia.
 
Namun, Magribi selalu menekankan agar seluruh karyawan mampu menjaga kepercayaan konsumen dan mempertahankan kualitas layanan. "Harus menjaga kepercayaan konsumen, jangan sampai barang mereka rusak dan hilang. Kalau sudah cacat, sampai kapanpun nggak akan dipercaya lagi, karena kerjaan kita sudah nggak benar," imbuhnya.

Sementara salah seorang konsumen Solusi Pindah, Agnes (28) mengaku,  layanan jasa pindah sangat membantu masyarakat yang tak punya waktu untuk mengurusi kepindahan rumah maupun apartemennya. Selain itu lebih mudah, praktis dan hemat waktu.

"Setelah melihat banner-nya, saya langsung telepon Solusi Pindah untuk pindah apartemen. Karena jaraknya dekat cuma dari tower satu ke tower lain, maka saya pakai paket mini seharga Rp 800 ribu. Sangat worth it ya, karena barang-barang kita di jaga dan ditata kembali," tutup dia mengakhiri perbincangan. (Fik/Nrm)